KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIM KUIS PADA KOMPETENSI BANGUN RUANG SISI TEGAK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah rata-rata prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran tim kuis lebih baik dibandingkan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada bangun ruang sisi tegak; (2) keefektifan model pembelajaran tim kuis dalam pembelajaran matematika bangun ruang sisi tegak. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak enam kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu 32 siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan tes. Dari hasil analisis diperoleh: (1) tobs = 1,951 > ttabel = 1,6703 sehingga rata-rata prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran tim kuis lebih baik dibandingkan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada kompetensi bangun ruang sisi tegak, (2) tobs = 3,8305 > ttabel = 1,6955 sehingga penggunaan model pembelajaran tim kuis efektif pada kompetensi bangun ruang sisi tegak.
Kata kunci: pembelajaran, tim kuis, prestasiFull Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i2.994
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.